Tips Mendapatkan Pinjaman Dana Tunai Non BI Checking

Mengajukan permohonan peminjaman ke bank sebenarnya mudah, namun terkadang tetap saja ada kesulitan untuk melakukan pengajuan karena adanya riwayat BI checking yang buruk, lalu bagaimana caranya mendapatkan pinjaman dana tunai non BI checking? Bagi anda yang ingin mengajukan permohonan pinjaman dana, selain harus memenuhi persyaratan yang diajukan oleh bank, anda juga harus memiliki riwayat finansial dan kredit yang baik. Riwayat tersebut disebut juga dengan BI checking tau IDI (Informasi Debitur Infividual). Apabila riwayat finansial dan kredit anda buruk, anda akan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dana tunai di bank manapun, bahkan permohonan anda dapat ditolak oleh bank.


            Untuk menghindari hal tersebut padahal anda membutuhkan dana tunai secara cepat, anda sebaiknya mengikuti tips-tips berikut ini.

1.    Riwayat Rekening

Apabila anda bekerja di sebuah perusahaan, pihak bank akan meminta slip gaji sebagai bukti penghasilan tetap setiap bulannya. Selain slip gaji, bank juga akan meminta catatan rekening koran atau buku tabungan. Pihak bank akan melihat riwayat finansial anda paling tidak 3 atau 6 bulan terakhir.

2.    Tepat Waktu Membayar Cicilan Kredit

Apabila anda memiliki riwayat hutan yang tidak dibayar atau telat membayar, status hutang anda dapat diketahui dengan skor BI checking.

3.    Data Asli

Berilah data asli atau data sebenarnya, jangan pernah sekali-kali memberikan data palsu. Jika bank menemukan data yang tidak valid, permohonan peminjaman dana anda dapat ditolak.

4.    Lakukan Simulasi Cicilan

Jangan sampai cicilan per bulan anda melebihi 30% dari pendapatan bulanan anda, karena nantinya anda akan kesulitan dalam membayar cicilan tepat waktu.

5.    Mudah Dihubungi

Berilah nomer telepon yang sering anda gunakan, karena bank akan menghubungi anda untuk mengkonfirmasi permohonan peminjaman dana anda. Ketika anda tidak dapat dihubungi, ada kemungkinan bank akan menolak permohonan anda.

Apabila anda sudah mengikuti tips-tips diatas, tingkat keberhasilan diterimanya permohonan peminjaman dana anda melalui bank akan meningkat. Selalu perhatikan setiap kegiatan finansial yang anda lakukan agar anda mudah untuk mengajukan peminjaman dana di bank.